FOUNDATIONAL THERAPLAY PRACTITIONER

Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

FOUNDATIONAL THERAPLAY PRACTITIONER

September 30, 2023 @ 08:00 - October 1, 2023 @ 17:00

THERAPLAY® adalah suatu bentuk terapi bermain bagi anak dan keluarga untuk membentuk dan menguatkan hubungan antara orangtua dan anak. THERAPLAY® menumbuhkan rasa kepercayaan diri, rasa percaya terhadap anggota keluarga satu sama lain, dan memiliki interaksi yang menyenangkan. Model THERAPLAY® berdasarkan pada bentuk alami interaksi yang sehat dan menyenangkan antara orangtua/pengasuh dan anak, interaksi tersebut lekat dan banyak melibatkan kegiatan fisik/sentuhan. Sesi–sesi THERAPLAY® menciptakan hubungan yang aktif dan kaya akan emosi yang positif antara anak dan orangtua/pengasuh. Hasil akhirnya adalah menciptakan persepsi pada anak sebagai sosok yang berharga dan patut disayang dan persepsi terhadap bentuk hubungan yang terjalin sebagai hubungan yang positif dan bermanfaat.

 

Pelatihan THERAPLAY

Theraplay memiliki beberapa pelatihan sertifikasi. Yang paling sering disebut sebagai Pelatihan Theraplay (Theraplay Training) sebenarnya adalah Pelatihan sebagai Praktisi Theraplay. Selain itu sebenarnya ada juga Pelatihan Theraplay Group Specialist, Nurture & Play Practitioner, dan lainnya. Setiap pelatihan memiliki kriteria peserta dan road map yang berbeda.

Di tahun 2023 ini, Theraplay Indonesia mengadakan dua jenis pelatihan saja; yaitu Pelatihan untuk menjadi Praktisi Theraplay dan Pelatihan untuk menjadi Praktisi Nurture & Play. Yuk, cari tahu kamu paling cocok mengambil pelatihan yang mana !.

 

1. Foundational Theraplay Practitioner

A. Apa itu Theraplay?
https://www.youtube.com/watch?v=t5IoEDHY-Y4
Youtube: tentang Theraplay  https://youtu.be/t5IoEDHY-Y4 

 

THERAPLAY® adalah suatu bentuk terapi bermain bagi anak dan keluarga untuk membentuk dan menguatkan hubungan antara orangtua dan anak. THERAPLAY® menumbuhkan rasa kepercayaan diri, rasa percaya terhadap anggota keluarga satu sama lain, dan memiliki interaksi yang menyenangkan.

Model THERAPLAY® berdasarkan pada bentuk alami interaksi yang sehat dan menyenangkan antara orangtua/pengasuh dan anak, interaksi tersebut lekat dan banyak melibatkan kegiatan fisik/sentuhan. Sesi–sesi THERAPLAY® menciptakan hubungan yang aktif dan kaya akan emosi yang positif antara anak dan orangtua/pengasuh. Hasil akhirnya adalah menciptakan persepsi pada anak sebagai sosok yang berharga dan patut disayang dan persepsi terhadap bentuk hubungan yang terjalin sebagai hubungan yang positif dan bermanfaat.

Theraplay dapat membantu permasalahan seperti :

  • Perilaku malu, menarik diri, atau sangat tergantung pada orang dewasa
  • Perilaku mencari perhatian, perilaku marah yang mengganggu
  • Perilaku memberontak, perilaku oposisi atau perilaku mengatur
  • Masalah perilaku di sekolah atau dengan teman sebaya
  • Attention Deficit Disorder atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder
  • Gangguan perkembangan Autism Spectrum Disorder Symptoms
  • Riwayat trauma, kekerasan, atau pengabaian
  • Gangguan kelekatan (attachment) yang disebabkan oleh adopsi atau banyak perubahan dalam pengaturan tempat tinggal
  • Riwayat social deprivation karena tinggal di sebuah institusi
  • Trauma psikologis yang disebabkan oleh perawatan medis atau penyakit berat
B. Siapa yang dapat mengikuti pelatihan Foundational Theraplay Practitioner?

Pelatihan Theraplay dirancang untuk tenaga profesional klinis yang memiliki izin praktek dan memiliki gelar master atau yang lebih tinggi dalam bidang kesehatan mental dengan spesialisasi di area anak-anak dan keluarga, diantaranya adalah :

  • Psikiater,
  • Psikolog,
  • Pekerja sosial klinis,
  • Konselor klinis,
  • Terapis Keluarga dan Pernikahan,
  • Konselor sekolah,
  • Terapis Bermain,
  • Terapis Okupasi,
  • Terapis Wicara

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana setiap pelatihan Theraplay diambil secara terpisah dan setiap pesertanya mengusahakan sendiri untuk kegiatan praktikumnya; mulai tahun ini Pelatihan Theraplay diberikan dalam satu rangkaian dasar yang cukup untuk memastikan sertifikasi teman-teman mencapai setidaknya sebagai Foundational Theraplay Practitioner setelah menyelesaikan pelatihan.

Bagaimana Road Map-nya?

ROADMAP Theraplay Practitioner
Langkah Sertifikasi Sebutan / Titel
1. Mengambil Paket Pelatihan Foundational Theraplay Practitioner, yang terdiri dari:- Pelatihan Theraplay Level One (4 hari)- Mengambil Praktikum I : Melakukan praktik sebanyak 32 sesi dan Supervisi 8 sesi- Pelatihan Theraplay Level Two (3 hari) Durasi: 9 bulan – 1.5 tahun * Perlu ada jeda dahulu setidaknya 6 bulan setelah menyelesaikan pelatihan Theraplay Level One untuk mencoba mempraktekkan prinsip Theraplay dalam lingkup kerja profesi dan juga untuk masuk dalam kegiatan Praktikum, baru kemudian peserta melengkapi diri dengan pelatihan Theraplay Level Two. Guna mendapatkan sertifikasi, di setiap akhir praktikum; – teman-teman akan menuliskan form Self Reflective – Supervisor akan menuliskan Rekomendasi mengenai teman-teman. Foundational Theraplay Practitioner Untuk menjadi Praktisi Theraplay yang ter-certified secara mendasar, teman-teman ahli setidaknya dapat mengusahakan sertifikasinya hingga di level ini. Jika telah menyelesaikan program Langkah 1, maka Ahli telah dapat memanggil dirinya di Indonesia sebagai Praktisi Theraplay, namun jika menuliskan dalam bahasa Inggris perlu menuliskan titelnya secara lengkap, yaitu: Foundational Theraplay Practitioner. Contoh Penulisan:Rahma Paramita, M. Psi., Psikolog, Praktisi TheraplayAtauRahma Paramita M. Psi., Psikolog, Foundational Theraplay Practitioner Jika teman-teman ahli memiliki semangat praktikum yang cukup tinggi, ingin mendalami Theraplay lebih lanjut, dan memiliki izin praktek mandiri sebagai profesional klinis, disarankan teman-teman meneruskan kegiatan praktikumnya hingga ke Full Certified Theraplay Practitioner.
2. Mengambil Praktikum II : Melakukan tambahan praktik sebanyak 32 sesi dan Supervisi 8 sesi lagi. Durasi: 4 – 6 bulan Intermediate Theraplay Practitioner Jika telah menyelesaikan program Langkah 2, maka: Ahli telah dapat memanggil dirinya di Indonesia sebagai Praktisi Theraplay, namun jika menuliskan dalam bahasa Inggris perlu menuliskan titelnya secara lengkap, yaitu: Intermediate Theraplay Practitioner.
3. Mengambil Praktikum III : Melakukan tambahan praktik sebanyak 32 sesi dan Supervisi 8 sesi lagi. Durasi: 4 – 6 bulan Full Certified Theraplay Practitioner Jika telah menyelesaikan program Langkah 2, maka Ahli telah dapat memanggil dirinya di Indonesia sebagai Praktisi Theraplay, namun jika menuliskan dalam bahasa Inggris perlu menuliskan titelnya secara lengkap, yaitu: Full Certified Theraplay Practitioner. Setelah menyelesaikan Full Certified Theraplay Practitioner, biasanya teman-teman akan mendapatkan kesempatan ditawarkan untuk menjadi Theraplay Supervisor atau Theraplay Trainer.
C. Trainer Pelatihan Foundational Theraplay Practitioner 2023 :
  • Trainer Utama: Mandy Jones, LCSW, RPT, JD

Mandy adalah Praktisi dan Trainer Theraplay®. Dia juga adalah Direktur Program di The Theraplay Institute. Mandy kebanyakan bekerja secara eksklusif dengan keluarga asuh dan keluarga adopsi sejak dia memulai karirnya. Dia menaruh minat khusus membantu keluarga dengan anak-anak kecil dalam membentuk relasi yang kuat sekaligus memperhatikan isu sensori yang ada. Mandy juga berpengalaman dalam membantu individu dengan riwayat adopsi yang memiliki isu identitas, kehilangan, dan kecemasan sepanjang hidup individu tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir, Mandy telah mengembangkan spesialisasi dalam membantu anak-anak dengan FASD. Dia juga merupakan staf tambahan untuk The Ties Program, Adoptive Family Travel. Dalam kapasitas ini, dia memberikan dukungan logistik dan kesehatan mental. Dia juga membantu kunjungan panti asuhan dan memberikan dukungan selama reuni keluarga asuh. Sementara Mandy tidak secara teratur praktik hukum, melalui pekerjaan hukumnya dia mengadvokasi anak-anak sistem kesejahteraan anak Illinois dan Michigan. Dia terus menggunakan hukumnya pengetahuan dan keterampilan advokasi untuk membantu keluarga mendapatkan Pendidikan Individual Program (IEP) dan sumber daya penting lainnya untuk anak-anak. Mandy mendapatkan gelar BA-nya dalam Ilmu Politik dan gelar BS dalam Psikologi dari Loyola University Chicago. Kemudian, dia meraih gelar Magister Clinical Social Work dan Juris Doctorate dari Michigan State University.

  • Trainer Utama: Hanna Lampi

Hanna Lampi adalah Terapis Okupasi dan Psikoterapis Keluarga dengan spesialisasi untuk anak dan remaja di Finlandia. Ia juga adalah Praktisi, Supervisor, dan Trainer Theraplay. Hanna juga mengembangkan program pelatihan Nurture & Play, dimana merupakan intervensi bagian dari lingkup Theraplay, untuk membentuk ikatan antara orangtua dan bayi.

Hanna pernah bekerja di Helsinki University Central Hospital pada bagian Klinik Neurologis Anak dan Klinik Psikiatri Anak (2002 – 2010). Hanna menyelesaikan program sertifikasi Kesehatan Mental Orangtua-Bayi (Infant-Parent Mental Health) di UMass, Boston 2017. Di waktu senggangnya ia menyukai membuat kue, memasak, dan bermain dengan anjing yang juga sering dilibatkan dalam terapinya. Hanna tinggal di Finlandia bersama dengan suami dan anak-anaknya.

  • Trainer Pendamping: Astrid W. E. N., M. Psi. Psikolog

Astrid Wen adalah Psikolog Anak dan Keluarga dan Praktisi Theraplay. Ia diundang oleh International Theraplay Conference di Chicago, 2016 untuk mempresentasikan “Theraplay Development in Indonesia”. Bersama dengan berbagai ahli terapi bermain di Asia, ia menjadi penulis kontributor untuk chapter “Play Therapy in Indonesia” yang berisikan tentang sejarah perkembangan Theraplay dan Play Therapy di Indonesia pada buku “Play Therapy in Asia”, The Chinese University Press, Hongkong, 2017. Pada tahun 2020, ia menuliskan buku Indahnya Pengasuhan Theraplay untuk sasaran orangtua memahami pentingnya relasi dan cara terkoneksi dengan anak-anak dalam keluarga melalui prinsip Theraplay. Astrid memiliki pengalaman dalam membantu anak-anak dan keluarga dengan masalah emosi, sejarah kekerasan, dan masalah relasi dengan orang-orang yang mereka cintai. Minat Astrid ada pada Theraplay, Hubungan/Relasi, Cinta, Bermain, Perkembangan Anak dan Keluarga. Selain praktek, ia juga memberikan konsultasi dalam pendidikan, mengembangkan konten dan program kreatif, dan mengajar / berbagi keilmuannya. Bersama teman-teman koleganya, ia membangun Theraplay Indonesia dan PION Clinician.

C. Kapan Pelatihannya?

C.1. Untuk peserta baru:

ALUR Pelatihan Hari Hybrid Waktu
Theraplay Level One – 4 x half day online– 2 x full day tatap muka 1A. Selasa, 15 September 2023 1B. Rabu, 16 September 2023 2A. Rabu, 22 September 2023 2B. Kamis, 23 September 2023 Online 19.00 – 22.00 WIB
3. Sabtu, 30 September 2023 4. Minggu, 1 Oktober 2023 Tatap Muka, di Veranda Hotel, Pakubuwono – JKT 09.00 – 17.00 WIB
Practicum Masing-masing peserta mulai mempraktekkan sesi Theraplay. Peserta akan mendapatkan Supervisor pilihan dan memperoleh sesi Supervisi sebanyak 8 kali. Hybrid Okt 2023 – Okt 2024
Theraplay Level Two – 2 x half day online– 2 x full day tatap muka Tahun 2024, waktu lebih detail akan dikonfirmasikan kemudian. Online 08.30 – 11.30 WIB
Tatap Muka, di Veranda Hotel, Pakubuwono – JKT 09.00 – 17.00 WIB
Final Evaluation – Peserta akan mengerjakan form Self-Reflective – Supervisor akan mengerjakan form Rekomendasi Online Desember 2024 / selesai Practicum

C.2. Untuk peserta yang telah mengambil Theraplay Level One :

Pelatihan Hari Hybrid Waktu
Theraplay Level Two – 2 x half day online– 2 x full day tatap muka 1A. Selasa, 15 September 2023 1B. Rabu, 16 September 2023 Online 08.30 – 11.30 WIB
2. Sabtu, 30 September 2023 3. Minggu, 1 Oktober, 2023 Tatap Muka, di Veranda Hotel, Pakubuwono – JKT 09.00 – 17.00 WIB
Practicum Masing-masing peserta mulai mempraktekkan sesi Theraplay. Peserta akan mendapatkan Supervisor pilihan dan memperoleh sesi Supervisi sebanyak 8 kali. Hybrid Okt 2023 – Okt 2024
Final Evaluation – Peserta akan mengerjakan form Self-Reflective – Supervisor akan mengerjakan form Rekomendasi Online Desember 2024 / selesai Practicum

C.3. Untuk peserta yang telah mengambil Theraplay Level One & Two, hanya tinggal Practicum:

Pelatihan Hari Hybrid Waktu
Practicum Masing-masing peserta mulai mempraktekkan sesi Theraplay. Peserta akan mendapatkan Supervisor pilihan dan memperoleh sesi Supervisi sebanyak 8 kali. Hybrid Dapat dimulai dari Maret 2023 setelah pembayaran DP.
Final Evaluation – Peserta akan mengerjakan form Self-Reflective – Supervisor akan mengerjakan form Rekomendasi Online Desember 2023 / selesai Practicum

Biaya termasuk:

  • Keanggotaan dari The Theraplay Institute selama 1 tahun setelah menjadi Praktisi Dasar Theraplay
  • Keanggotaan Theraplay Indonesia selama 2 tahun
  • Kartu MIM dalam bahasa Indonesia
  • Beberapa peralatan bermain dan perlengkapan asesmen untuk Theraplay
  • Bantuan layanan administrasi melalui Theraplay Indonesia
  • SKP* HIMPSI atau IPK untuk profesi psikolog dengan syarat dan ketentuan berlaku. Untuk profesi non-psikolog akan dilakukan penyesuaian.

*Akan ada kemungkinan penambahan biaya SKP jika biaya SKP yang muncul melebihi kuota budget yang telah dipersiapkan oleh penyelenggara.

G. Bagaimana cara registrasinya?

Cara registrasi Pelatihan Foundational Theraplay Practitioner adalah sebagai berikut :

Untuk info lebih lanjut, peserta dapat menghubungi RAYI di  (+62) 878 8556 7566.

Details

Start:
September 30, 2023 @ 08:00
End:
October 1, 2023 @ 17:00
Event Category:
Website:
theraplayindonesia.com